Buah Anggur Gudangnya Antioksidan

Manfaat dan khasiat buah anggur untuk kesehatan tubuh Buah Anggur Gudangnya Antioksidan

Tersatu - Alloh Swt. telah menciptakan aneka ragam buah yang segar dan bermanfaat bagi umat manusia. Hal ini menunjukan betapa banyak nikmat yang telah dilimpahkan Alloh Swt untuk umat-Nya, baik ketika masih di dunia maupun kelak di surga. Diantara sekian banyak buah itu, salah satu jenis buah yang disebutkan dalam Alloh Swt dalam Al-Qur'an adalah anggur.

Buah Anggur Gudangnya Antioksidan. Buah Anggur, Siapa yang tidak tahu buah anggur ?. Buah yang satu ini bentuknya bulat, rasanya ada yang asam dan juga ada yang manis dan kulit luarnya ada yang ungu, kuning dan hijau. Harga buah ini memang terbilang cukup mahal, tetapi cukup seimbang dengan manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya cukup berlimpah.

Anggur dengan nama latin Vitis vinifera L. ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup banyak dengan nama senyawa fenol. Kandungan senyawa fenol yang paling tinggi ada pada jenis anggur merah yaitu memiliki 14,98 gram senyawa fenol dalam tiap 100 gram. Sedangkan untuk jenis anggur hijau dalam 100 gram mengandung 12,16 gram senyawa fenol.

Apa manfaat senyawa fenol pada anggur ?

Manfaat dan khasiat buah anggur
Senyawa fenol yang terdapat pada buah anggur berperan aktif dalam proses kinerja tubuh, sebagai penangkal radiasi bebas dan pencegah terbentuknya sel kanker.

Selain Fenol Anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Penelitian menyebutkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kinerja sel pembuluh darah yang berperan untuk memperlancar aliran darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Macam-macam senyawa aktif di dalam anggur di antaranya adalah resveratrol, antosianin, quercetin, dan saponin.

Senyawa Polifenol Berguna Pencegah Penyakit Jantung

Polifenol ini terdiri dari reserveratol dan antosianin yang terkandung pada kulit anggur. Resveratrol berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit jantung, penyakit tulang, dan penyakit sendi. Lain dari itu resveratrol juga dapat menekan gen pemicu terjadinya peradangan pada pembuluh darah dan sendi.

Anggur juga mengandung antosianin yang memiliki sifat antioksidan yang berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis, melindungi lambung dan kerusakan, menghambat tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan, melindungi otak dari kerusakan dan dapat meningkatkan memori otak.

Manfaat Senyawa Lainnya Pada Buang Anggur


  • Saponin dapat mencegah penyakit diabetes
  • Karotenoid dapat mencegah penyakit degeneratif
  • Lutein berfungsi untuk mengatur panjang gelombang energi penglihatan, mencegah radikal bebas terhadap mata.
  • Likopen dapat mencegah penyakit kanker ( prostat, rahim, paru-paru, usus besar, dan payudara )
  • Vitamin C, B6, asam ellagat, magnesium, dan mangan memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh, Vit C meningkatkan imunitas dan menyembuhkan luka dan B6 sangat penting untuk kesehatan otak.
  • Asam Ellagat dapat memperlambat perkembangan tumor.
  • Unsur magnesium dapat melancarkan buang air besar
  • Unsur mangan dapat menstabilkan gula dalam darah dan membantu pencernaan lemak.
Manfaat Biji Buah Anggur
Rasa biji buah anggur memang pahit, tetapi bagian tersebut dapat dimakan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu dapat berkhasiat sebagai anti penuaaan dini.

Ekstra Biji Anggur Ampuh Perangi Penuaan Dini

Kebanyakan orang lebih menyukai anggur tanpa biji. Jika pun mendapatkan anggur yang berbiji, pasti akan membuangnya. Padahal, sama seperti dagingnya biji bijinya pun mengandung banyak senyawa alami yang berkhasiat.

Mineral mikro yang sudah lebih dahulu diketahui banyak terdapat dalam biji anggur, terutama angur merah adalah zat seng dan mangan yang keduanya bermanfaat untuk menjaga libido se* pria dan memlihara kesuburannya. Manfaatnya untuk laki laki adalah mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.

Manfaat biji anggur yang paling dahsyat lainnya adalah bahwa biji anggur bisa mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah dan juga bisa mencegah stroke dan serangan jantung.

Itulah sebagian dari manfaat buah anggur yang bisa saya sajikan pada kali ini, semoga sobat dapat mendapatkan pengetahuan atas apa yang telah dibaca diatas. Semoga.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Gondok, Penyebab dan Pengobatannya

Cara Meningkatkan Kualitas Suara MP3 dan Video

Puisi Cinta Abadi Terbaru 2016